PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SERIAL ANIMASI MATEMATIKA BERBANTUAN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH

MAULANA, ANDRE (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SERIAL ANIMASI MATEMATIKA BERBANTUAN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (183Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2936Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2247Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran serial animasi matematika berbantuan instagram untuk meningkatkan pemecahan masalah. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji-t. Proses pengembangan media ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, develop, implement, dan evaluate). Berdasarkan penelitian diperoleh data hasil validasi serial animasi matematika berbantuan instagram tiga validator yaitu sebesar 95% dengan keterangan sangat valid.Sedangkan hasil tanggapan guru dan peserta didik terkait serial animasi matematika berbantuan instagram memperoleh presentase rata-rata 93% dan 87,5% dengan kriteria sangat praktis dan praktis. Kemudian untuk tingkat keefektifan serial animasi matematika berbantuan instagram untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji-t dengan ha`sil thitung =3,725 (thitung>ttabel= 2,00). Kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen meningkat sebesar 23,04. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas kontrol meningkat sebesar 12,29. Dapat disimpulkan serial animasi matematika berbantuan instagram memberikan pengaruh terhadap peningkatan pemecahan masalah.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2208577733 . Digilib
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:18
Terakhir diubah: 06 Dec 2022 02:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67362

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir