EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI.TERBIMBING MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI.ASAM.BASA.UNTUK.MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Oktaria, Elci (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI.TERBIMBING MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI.ASAM.BASA.UNTUK.MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPISI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1537Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPISI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1060Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembe-lajaran inkuiri terbimbing.menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen.dengan The Matching.Only Pretest-Posttest.Control Group.Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 6 dan XI IPA 7 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal pretes dan postes keterampilan proses sains. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan SPSS 25.0 dengan Inde-pendent.Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes kelas eksperi-men lebih tinggi daripada kelas.kontrol dan.pada kelas.eksperimen memiliki rata-rata n-gain yang berkategori “tinggi”. Selanjutnya hasil uji ini menunjukkan bah-wa terdapat perbedaan rata-rata postes yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa efektif meningkatkan keterampilan proses.sains. Kata Kunci : Laboratorium Virtual, Inkuiri.Terbimbing, Asam Basa, Keterampilan.Proses Sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2208964609 . Digilib
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:06
Terakhir diubah: 12 Dec 2022 04:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67507

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir