Oktaria, Elci (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI.TERBIMBING MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI.ASAM.BASA.UNTUK.MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPISI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1537Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPISI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1060Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembe-lajaran inkuiri terbimbing.menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen.dengan The Matching.Only Pretest-Posttest.Control Group.Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 6 dan XI IPA 7 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal pretes dan postes keterampilan proses sains. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan SPSS 25.0 dengan Inde-pendent.Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes kelas eksperi-men lebih tinggi daripada kelas.kontrol dan.pada kelas.eksperimen memiliki rata-rata n-gain yang berkategori “tinggi”. Selanjutnya hasil uji ini menunjukkan bah-wa terdapat perbedaan rata-rata postes yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa efektif meningkatkan keterampilan proses.sains. Kata Kunci : Laboratorium Virtual, Inkuiri.Terbimbing, Asam Basa, Keterampilan.Proses Sains
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2208964609 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 04:06 |
Terakhir diubah: | 12 Dec 2022 04:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67507 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |