Siti, Ramziah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPACLIP PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TRIGONOMETRI. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL SITI RAMZIAH.pdf Restricted to Hanya staf Download (1497Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS FULL TANPA PEMBAHASAN SITI RAMZIAH.pdf Download (1020Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan media pembelajaran flipaclip pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang memenuhi kriteria valid dan praktis serta efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah trigonometri. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan Borg & Gall (studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf awal dengan metode waterfall, uji coba lapangan awal, revisi, uji coba lapangan dan penyempurnaan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Banjar Margo, menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design dengan sampel siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara random. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket dan tes yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran flipaclip berawal dari temuan saat studi pendahuluan, dilanjutkan dengan perencanaan kemudian pengembangan media menggunakan metode waterfall. Selanjutnya, media pembelajaran flipaclip pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah trigonometri. Kata Kunci: Flipaclip, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Waterfall This research is a development research that aims to describe the process and produce flipaclip learning media in learning with scientific approach that meets valid and practical criteria and is effective in improving trigonometry problem solving abilities. The research design used the Borg and Gall research and develpoment design (preliminary study, planning, development of initial drafts using the waterfall method, initial field trials, revisions, field trials and refinements). The subjects of this study were class X students of SMAN 1 Banjar Margo, using a pretest-posttest control group design with sample students from class X1 as the experimental class and class X2 as the control class which were selected randomly. Data collection techniques in this study included observation, interviews, questionnaires and tests which were then analyzed descriptively qualitatively and quantitatively. The results showed that the development of flipaclip learning media started with the findings during the preliminary study, followed by planning and then developing the media using the waterfall method. Furthermore, the flipaclip learning media in learning with a scientific approach that has been developed meets the valid, practical and effective criteria in improving trigonometry problem solving skills. Keywords: Flipaclip, Scientific Approach, Problem Solving Ability, Waterfall.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301724420 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 02:22 |
Terakhir diubah: | 25 Jan 2023 02:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68461 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |