Anggi Saputra, 1013079183 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V A SEKOLAH DASAR NEGERI BUMISARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (427Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (490Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (284Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (297Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (365Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (283Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (536Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V A Sekolah Dasar Negeri Bumisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian adalah melakukan perbaikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V A Sekolah Dasar Negeri Bumisari melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikenal dengan Classroom Action Research, dan dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan alat pengumpul data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar, serta analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas belajar siswa, hasil belajar IPS, dan kinerja guru semakin meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar (60%) dan siklus 2 (80%), maka terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar (20%). Hasil belajar IPS pada siklus 1 sebesar (64) dan siklus 2 sebesar (80), maka terjadi peningkatan hasil belajar IPS dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar (16). Kinerja guru pada siklus 1 sebesar (75) dan siklus 2 sebesar (87,5), maka terjadi peningkatan kinerja guru dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar (12,5). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, karena dalam prose pembelajarannya siswa terlibat secara aktif dan kreatif.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 9877793 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 07:03 |
Terakhir diubah: | 04 Feb 2015 07:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6861 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |