PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN DIAGRAM VEE DITINJAU DARI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 TULANG BAWANG UDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Yudita, Yuara (2022) PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN DIAGRAM VEE DITINJAU DARI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 TULANG BAWANG UDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_YUDITA YUARA_1653024004.pdf

Download (288Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_YUDITA YUARA_1653024004.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2845Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_YUDITA YUARA_1653024004.pdf

Download (2443Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning dengan Diagram Vee terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tulang Bawang Udik pada materi pencemaran lingkungan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimental semu dengan teknik pretest-postest kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A dan VII B berjumlah 61 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pretest dan posttest kemampuan literasi sains peserta didik, serta data kualitatif berupa hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan model Discovery Learning dengan Diagram Vee. Pengujian hipotests dilakukan secara statistik menggunakan uji Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% melalui program SPSS 17. Berdasarkan uji hipotesis, menunjukkan sig (2 tailed) lebih dari 0,05 yaitu keputusan H_1 diterima, berarti bahwa N-Gain rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata N-gain ketercapaian literasi sains pada kelas eksperimen memiliki nilai sebesar 0,57 lebih tingggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selanjutnya, nilai rata-rata indikator literasi sains yang paling tinggi pada penlitian ini adalah indikator proses sebesar 0,63. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model Discovery learning dengan Diagram Vee terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Kata kunci: model discovery learning, diagram vee, literasi sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301452467 . Digilib
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:24
Terakhir diubah: 09 Feb 2023 02:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69015

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir