EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANALISIS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

ELA NUR, ANISA (2023) EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANALISIS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. BASTRAK.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2489Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1527Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas blended learning dengan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan menganalisis pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukadana tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitiannya adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen, yang diperoleh dari teknik purposive sampling. Pada kelas kontrol diterapkan blended learning dengan pembelajaran konvensional dan pada kelas eksperimen diterapkan blended learning dengan model discovery learning. Desain penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan matching only pretest-postest control group design. Data penelitian dianalisis menggunakan perhitungan n-Gain dan statistik parametrik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes keterampilan menganalisis kelas eskperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan serta rata-rata n-Gain di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa blended learning dengan model discovery learning efektif untuk meningkatkan keterampilan menganalisis. Kata kunci: discovery learning, blended learning, keterampilan menganalisis, larutan penyangga

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301679547 . Digilib
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:11
Terakhir diubah: 15 Feb 2023 02:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69265

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir