EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LAJU REAKSI

ALI SUGANDI, 1013023025 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LAJU REAKSI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (198Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (252Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (398Kb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak

Kemampuan berpikir lancar yang dimiliki siswa sangat rendah dikarenakan proses pembelajaran dominan dengan ceramah dan latihan soal sehingga membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gedongtataan semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 dengan kelas XI IPA3 dan kelas XI IPA4 sebagai sampel. Efektivitas model problem solving diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain kemampuan berpikir lancar siswa un¬tuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,63 dan 0,39. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa model problem solving efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi laju reaksi. Kata kunci : Model problem solving, Kemampuan berpikir lancar, laju reaksi

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 4004380 . Digilib
Date Deposited: 16 Feb 2015 03:33
Last Modified: 16 Feb 2015 03:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7079

Actions (login required)

View Item View Item