PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS PEER TUTORING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS XI

Irma, Tia Intenti (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS PEER TUTORING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS XI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Kb) | Minta salinan
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2138Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1915Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan strategi flipped classroom berbasis peer tutoring terhadap keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan bentuk posttest only nonequivalent control group design dan pretest posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 58 peserta didik yang terbagi dalam kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif berupa nilai keterampilan kolaborasi dan kuantitatif berupa nilai keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Data diperoleh dari lembar observasi keterampilan kolaborasi yang dianalisis secara deskriptif dan tes materi sistem pencernaan manusia yang dianalisis secara statistik menggunkan uji Independent Sample T-test pada taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari strategi flipped classroom berbasis peer tutoring terhadap keterampilan kolaborasi yaitu keterampilan kolaborasi pada kelas eksperimen berkategori sangat baik dengan nilai rata-rata 86,32. Kemudian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi flipped classroom berbasis peer tutoring terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,001.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301911927 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:22
Terakhir diubah: 18 Apr 2023 02:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71060

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir