PENGARUH LKPD BERBANTUAN MIND MAPPING MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII

Titis Dwi, Lestari (2023) PENGARUH LKPD BERBANTUAN MIND MAPPING MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3642Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3772Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD berbantuan mind mapping menggunakan model discovery learning pada pembelajaran daring terhadap kemampuan metakognitif dan HOTS peserta didik SMP kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Natar tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang diperoleh 64 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (VIII A) dan kelas kontrol (VIII B). Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skill) menggunakan uji Independent Sample t-test memiliki nilai sig. (2-tailed) 0.023 < 0.05 dengan skor n-Gain eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 0.63 > 0.54 dan kemampuan metakognitif menggunakan uji Independent Sample t-test memiliki nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 dengan skor n-Gain eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 0.66 > 0.45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbantuan mind mapping menggunakan model discovery learning pada pembelajaran daring berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif dan HOTS Peserta didik kelas VIII IPA di SMP Negeri 1 Natar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301547942 . Digilib
Date Deposited: 19 May 2023 07:36
Terakhir diubah: 19 May 2023 07:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71323

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir