PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IA SD NEGERI 12 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Mujiono, NIA FATMAWATI (2011) PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IA SD NEGERI 12 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (194Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (302Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (246Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (509Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (179Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (12Mb)

Abstract

Pendekatan dan teknik pembelajaran matematika kelas IA di SD Negeri 12 Metro Pusat kurang memanfaatkan media real. Aktivitas dan hasil belajar siswa pun rendah. Peneliti bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan matematika realistik (PMR). PMR berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari. Jika pembelajaran matematika menggunakan PMR dengan prinsip-prinsip yang tepat, maka dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IA SD Negeri 12 Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Alat pengumpulan data berupa instrumen soal dan lembar observasi. Jenis data dalam penelitian bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase siswa aktif pada siklus I mencapai 47%, siklus II 62%, dan siklus III 81%. Hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan 69%, siklus II 89%, dan siklus III 94%. Kinerja guru pada siklus I mencapai nilai 60,94, siklus II 79,69, dan siklus III 89,84. Kata kunci: pendekatan matematika realistik, aktivitas, dan hasil belajar.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 24 Jan 2014 04:08
Last Modified: 24 Jan 2014 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item