Mujiono, NIA FATMAWATI (2011) PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IA SD NEGERI 12 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (194Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (302Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (246Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (509Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (179Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (12Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pendekatan dan teknik pembelajaran matematika kelas IA di SD Negeri 12 Metro Pusat kurang memanfaatkan media real. Aktivitas dan hasil belajar siswa pun rendah. Peneliti bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan matematika realistik (PMR). PMR berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari. Jika pembelajaran matematika menggunakan PMR dengan prinsip-prinsip yang tepat, maka dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IA SD Negeri 12 Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Alat pengumpulan data berupa instrumen soal dan lembar observasi. Jenis data dalam penelitian bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase siswa aktif pada siklus I mencapai 47%, siklus II 62%, dan siklus III 81%. Hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan 69%, siklus II 89%, dan siklus III 94%. Kinerja guru pada siklus I mencapai nilai 60,94, siklus II 79,69, dan siklus III 89,84. Kata kunci: pendekatan matematika realistik, aktivitas, dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 24 Jan 2014 04:08 |
Terakhir diubah: | 24 Jan 2014 04:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/717 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |