Febi Mulia Ibka Sari, 1013024007 (2015) PENGGUNAAN STRATEGI PENCOCOKAN KARTU INDEKS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 2 KAMPUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (194Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (371Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (515Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Hasil observasi di kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru Bandar Lampung, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan Strategi Pencocokan Kartu Indeks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Strategi Pencocokan Kartu Indeks terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas IVᴬ dan IVᴮ yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan 5% dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan Strategi Pencocokan Kartu Indeks yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pencocokan kartu indeks berpengaruh signifikan terhadap peningkatan aktivitas dan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam semua aspek. Pada aspek mengajukan pertanyaan (79,17); mengemukakan fakta (70,83); mengumpulkan data sebesar (68,06); bekerja sama dalam memecahkan masalah (76,39); dan membuat kesimpulan (65,28). Hasil belajar juga mengalami peningkatan, tetapi nilai pretest dan postest pada kedua kelas tidak berbeda signifikan sedangkan N-gain oleh siswa pada kedua kelas berbeda signifikan, dengan rata-rata (67,42) pada kelas eksperimen. dan hasil indikator juga mengalami peningkatan yaitu nilai N-gain C2 pada kelas eksperimen tidak berbeda signifikan dengan kelas kontrol ,rata-rata(68,9),pada N-gain C3 pada kelas eksperimen tidak berbeda signifikan dengan kelas kontrol,rata-rata (64,9) dan N-gain C4 pada kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kontrol, rata-rata (64,0), Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan strategi pencocokan kartu indeks. Data angket menunjukkan bahwa semua (100%) merasa senang mempelajari materi sumber daya alam dengan strategi pencocokan kartu indeks. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan strategi pencocokan kartu indeks berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci : Strategi pencocokan kartu indeks, aktivitas belajar, hasil belajar, sumber daya alam.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 4955477 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Feb 2015 04:26 |
Terakhir diubah: | 20 Feb 2015 04:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7192 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |