Windayani, (2023) Kajian Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Sel Melalui Pendekatan Saintifik Di SMA dengan Peringkat Akreditasi yang Berbeda. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (7Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (7Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berargumentasi siswa pada materi pokok struktur dan fungsi sel melalui pendekatan saintifik di SMA dengan peringkat akreditasi yang berbeda. Desain penelitian yang digunakan adalah Ex post facto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan total sampel sebanyak 111 siswa yang terdiri dari siswa SMA terakreditasi A yaitu SMAN 1 Seputih Surabaya, siswa SMA terakreditasi B yaitu SMA Bangun Cipta dan siswa SMA terakreditasi C yaitu SMA Miftahul Ulum. Data penelitian berupa hasil tes uraian kemampuan berargumentasi dianalisis dengan uji Anova dan BNT pada taraf nyata 5%, data angket siswa dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase, data hasil wawancara guru dan studi dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berargumentasi yang nyata diantara siswa SMA terakreditasi A dengan B dan C (sig. p< 0,05). Kemampuan berargumentasi siswa SMA terakreditasi B tidak berbeda nyata dengan siswa SMA terakreditasi C (sig. p> 0,05). Rerata kemampuan berargumentasi siswa dari SMA terakreditasi A lebih tinggi daripada SMA terakreditasi B dan C, namun sebagian besar nilai siswa dari ketiga SMA tersebut masih termasuk kedalam kategori “sangat kurang”. Siswa SMA terakreditasi A, B dan C sudah mampu memberikan claim, namun grounds, warrant dan backing yang diberikan belum relevan dengan claim. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab kurang ataupun sangat kurangnya kemampuan berargumentasi siswa, seperti penerapan pembelajaran yang kurang mengarahkan siswa untuk berargumen, penerapan pendekatan saintifik yang tidak maksimal, karakteristik siswa yang berbeda-beda, dan perbedaan fasilitas yang diberikan oleh masing-masing sekolah terakreditasi berbeda.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2301027854 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 08:57 |
Terakhir diubah: | 13 Jun 2023 08:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72068 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |