SENJA GALUH , SALSABIL (2023) ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI LISAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 34 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3131Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2983Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan argumentasi lisan siswa SMPN 34 Bandar Lampung pasca pandemi Covid-19 pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan, partisipasi siswa dalam berargumentasi lisan, dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi kemampuan argumentasi lisan siswa. Penelitian ini menggunakan desain survei. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII 5 dan VIII 7 yang berjumlah 62 siswa dengan dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini berupa persentase kemunculan koding wacana siswa, partisipasi siswa dalam argumentasi lisan, dan data pengisian angket siswa dan guru yang seluruhnya dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi lisan siswa SMPN 34 Bandar Lampung pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan berada dalam kriteria sangat rendah dengan skor rata�rata 12,92%. Partisipasi siswa dalam argumentasi lisan juga berada dalam kriteria rendah dengan skor rata-rata 28,21%, yang artinya hanya sebagian kecil siswa yang berpartisipasi dalam wacana argumentatif. Faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya kemampuan argumentasi lisan siswa dipengaruhi oleh faktor siswa dan guru selama pembelajaran daring, seperti: siswa yang mengalami kendala jaringan dan kuota internet, tidak aktif dalam berdiskusi, dan kesulitan mengerjakan tugas. Sedangkan guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi dan tidak menjalin komunikasi lisan dengan siswa selama daring. Selain itu, pada saat pembelajaran guru mengalami miskonsepsi, sehingga kompetensi dasar (KD) tidak tercapai.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2301399063 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 01:28 |
Terakhir diubah: | 14 Jun 2023 01:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72080 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |