EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING BERBASIS LMS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI TERMODINAMIKA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Sofia Nurulita, Hardini (2023) EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING BERBASIS LMS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI TERMODINAMIKA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2419Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2017Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas blended learning berbasis LMS dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi termodinamika ditinjau dari keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu, siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA N 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan adalah prestest-postetst control group design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar tes soal uraian. Pembelajaran dengan menerapkan blended learning berbasis LMS dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa hal ini terlihat dari nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,7456 dengan kategori tinggi lebih besar dari kelas kontrol dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,5878 dengan kategori sedang. Hal tersebut menujukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Serta, di dukung dari data hasil uji hipotesis Independent sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 artinya bahwa terdapat perbedaan rata-rata N-gain yang signifikan pada taraf kepercayaan 95% pada kelas eskperimen dengan kelas kontrol. Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi paling signifikan yaitu pada indikator C4 (menganalisis).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301577525 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:33
Terakhir diubah: 14 Jun 2023 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72190

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir