Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas IX SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023)

HANI APRILIA, HAYANTI (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas IX SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (985Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (948Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel peneltiian ini adalah siswa kelas IX B dengan jumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX C dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan  = 0,05 diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan model discovery learning berbantuan video animasi lebih tinggi daripada siswa dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan video animasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301807925 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:11
Terakhir diubah: 19 Jun 2023 03:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72415

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir