YULINDA WINDARI, 1013053099 (2015) HUBUNGAN AKTIVITAS DENGAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDOSARI KECAMATAN NATAR TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (235Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (114Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK HUBUNGAN AKTIVITAS DENGAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDOSARI KECAMATAN NATAR TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh YULINDA WINDARI Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA sehingga siswa hanya hafal materi saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan aktivitas belajar dengan pemahaman konsep dan perbedaan pemahaman konsep siswa sebelum dengan sesudah penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sidosari Kecamatan Natar yang berjumlah 75 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simpel random sampling, dengan cara mengundi sehingga didapatlah sample yang berjumlah 51 orang. Penelitian ini mengunakan desain one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data pemahaman konsep menggunakan skor pretest-posttest dan data aktivitas diperoleh dari hasil pengamatan oleh observer.Hubungan antara aktivitas dengan pemahaman konsep siswa diuji menggunakan uji korelasi dan perbedaan pemahaman konsep menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai pearson correlation sebesar 0,56 dengan kategori sedang dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 kemudian selisih mean pretest dan posttest sebesar 27,98 dan nilai thitung sebesar 17,98. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas dan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dan terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara sebelum dengan sesudah penerapan model pembelajaran inkuiri. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Aktivitas Belajar IPA, dan Pemahaman Konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 9116912 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Feb 2015 03:54 |
Terakhir diubah: | 23 Feb 2015 03:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7248 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |