PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DENGAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS IV SD N 2 BERINGIN RAYA BANDAR LAMPUNG

Bukhari, Nuriza Bukhari (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DENGAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS IV SD N 2 BERINGIN RAYA BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
cover.pdf - Published Version

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab1.pdf - Published Version

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab2.pdf - Published Version

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab3.pdf - Published Version

Download (111Kb) | Preview
[img] File PDF
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (289Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab5.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img] Archive
Nuriza Bukhari_0913069074.zip - Published Version

Download (752Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sekolah Dasar Negeri 2 Beringin Raya adalah salah satu sekolah yang dibangun untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, di wilayah perumahan Beringin Raya. Seiring perkembangan jaman jumlah penduduk wilayah ini mengalami peningkatan yang sangat pesat. Dengan bertambahnya penduduk berarti bertambah pula anak usia sekolah, hal ini dapat dilihat dari jumlah peminat anak yang akan masuk sekolah dari tahun ke tahun meningkat. Untuk mengimbanginya pemerintah membangun fasilitas sekolah dan menyediakan tenaga pendidik yang berkualitas, yang tujuannya untuk membantu Negara dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu guru yang ditugaskan di Sekolah Dasar Negeri 2 Beringin Raya diharapkan mampu menjadi tenaga pendidik yang handal, dan diharapkan mampu menjadikan anak didiknya menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas, dan salah satunya dengan meningkatkan prestasi belajar matematika. Guru diberikan kebebasan dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk berinovasi mencari metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter anak didiknya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana cara meningkatkan hasil belajar IPA materi energi pada siswa kelas IV, melalui pembelajaran demonstrasi di Sekolah Dasar Negeri 2 Beringin Raya Bandar Lampung. Hipotesis dalam penelitian tindakan kelas ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas IV, setelah penulis menggunakan model pembelajaran demonstrasi. Adanya peningkatan minat belajar dan aktivitas belajar siswa kelas IV untuk belajar matematika setelah penulis menggunakan model pembelajaran demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode deskriptif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis data dan jumlah sampel yang diambil adalah 40 siswa, yang diambil dari seluruh populasi kelas IV. Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas IV, setelah diterapkan model pembelajaran demonstrasi meningkat 85% hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa kelas IV, nilai yang telah tercapai atau dikatagorikan tercapai sesuai dengan standar kriteria ketuntasan mengajar sebanyak 34 siswa, dan yang belum tercapai 15% siswa atau sekitar 6 siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah, adanya kontribusi penggunaan model pembelajaran demonstrasi terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 2 Beringin Raya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Penggunaan model pembelajaran demonstrasi sangat ideal digunakan untuk siswa kelas IV, yang masih sangat aktif dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:25
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir