PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK

Dina , Saputri (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1847Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1837Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis blended learning pada materi usaha dan energi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design dengan metode Quasi ekspriment. Penelitian ini dilakukan di SMA Global Madani Bandarlampung dengan sampel penelitian yaitu kelas X ipa 2 dan X ipa 3 yang masing-masing berjumlah 19 peserta didik. Kelas eksperimen pada penelitian ini yaitu kelas yang pembelajarannya menerapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis blended learning dan kelas kontrolnya adalah kelas yang menerapkan buku interaktif dari sekolah. Instrumen tes yang digunakan berupa soal pilihan jamak beralasan. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,60 dan 0,60 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol rata-rata N-gain yaitu sebesar 0,43 dan 0,40 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh bahwa terdapat perbedaan rata-rata N-gain kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang menunjukkan perlakuan di kelas eksperimen berpengaruh signifikan. Besarnya nilai effect size yaitu 0,669 dengan kategori sedang. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang lebih tinggi dari kelas kontrol, hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan LKPD berbasis blended learning pada materi usaha dan energi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci : LKPD, blended learning, kemampuan berpikir tingkat tinggi, usaha dan energi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 2301213879 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:19
Terakhir diubah: 22 Jun 2023 01:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72842

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir