Sarkawi, Nuslina (2011) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
cover.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (225Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III .pdf - Published Version Download (197Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (468Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (110Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (331Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian adalah rendahnya prestasi belajar siswa terutama pelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Sukabumi, oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang cara peningkatan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini meningkatkan prestasi pembelajaran IPA menggunakan media gambar. Tindakan penelitian ini terdiri dari tiga (3) Siklus. Pada setiap siklus akan dilakukan tindakan dengan langkah-langkah yang mengikuti tiga daur yaitu : rencana tindakan , pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Dalam pelaksanaan tindakan, dilakukan pembelajaran mata pelajaran IPA dengan menitikberatkan penggunaan media gambar. Diawali dengan Tanya jawab tentang struktur bagian tumbuhan, lalu menunjukkannya kedalam kelas, membagi siswa menjadi kelompok kecil dengan menunjukkan media gambar. Dilanjutkan dengan latihan terbimbing yaitu guru membimbing siswa berdiskusi untuk memecahkan persoalan terhadap materi. Tahap terakhir dari kegiatan ini adalah latihan mandiri, yaitu siswa mengerjakan tugas secara individu. Setelah tindakan dilaksanakan, maka ditemukan fakta bahwa media gambar dapat meningkatkan aktifitas belajar IPA. Hal ini ditunjukkan semakin meningkatnya aktifitas belajar siswa, sehingga hasil evaluasi mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap siklus. Hasil tes belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran menggunakan media gambar menunjukkan adanya peningkatan. Pada 20 siswa mencapai 60% terhadap aktivitas belajar siswa pada siklus pertama, dan mengalami peningkatan pada siklus kedua berjumlah 29 orang, dan pada siklus ketiga berjumlah 31 orang dari 38 siswa. Hasil ini sudah mencapai KKM sebagaimana telah ditetapkan dalam indikator keberhasilan dalam penelitian ini. Kata kunci : meningkatkan aktivitas belajar media gambar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 24 Jan 2014 06:22 |
Terakhir diubah: | 24 Jan 2014 06:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/729 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |