PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

ANANDA RIZQY, PALA (2023) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1340Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1340Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran generatif apakah valid, praktis serta efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah Borg dan Gall. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A UPTD SMP Negeri 4 Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket serta tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar LKPD yang dikembangkan terkategori valid berdasarkan penilaian validator ahli media dan materi. Selain itu, LKPD yang dikembangkan juga terkategori praktis berdasarkan dari tanggapan guru matematika dan peserta didik. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh hasil terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan LKPD dengan model pembelajaran generatif dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional tanpa LKPD. Selanjutnya rata-rata skor N-Gain peserta didik yang menggunakan LKPD adalah 0,76. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD dengan model pembelajaran generatif termasuk dalam kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan model pembelajaran generatif memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301004800 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:35
Terakhir diubah: 23 Jun 2023 02:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73057

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir