PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 SIMBARWARINGIN

Cahyani, Evita Nur (2023) PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 SIMBARWARINGIN. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1548Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1469Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 1 Simbarwaringin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan partisipasi aktif siswa terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Populasi dan sampel dalam penelitian berjumlah 44 peserta didik, sampel penelitian diambil menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi dokumen. Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terkait kecerdasan intrapersonal dan partisipasi aktif siswa terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V sekolah dasar, ditunjukkan dengan nilai kontribusi regresi ganda sebesar 34%. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu faktor-faktor yang diteliti peneliti hanya terdiri dari 2 variabel saja, sedangkan masih banyak faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi hasil belajar, dan ketika pengambilan data masih terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan saat mengisi angket karena belum mahir dalam membaca. Kata kunci: hasil belajar tematik, kecerdasan intrapersonal, partisipasi aktif siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301176726 . Digilib
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:52
Terakhir diubah: 21 Jul 2023 06:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73576

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir