PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X SMA IT Ar Raihan Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023)

WANDA, VETAMA (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X SMA IT Ar Raihan Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (2).pdf

Download (180Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full Pembahasan.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1327Kb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1268Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X SMA IT Ar Raihan Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA IT Ar Raihan Bandar Lampung sebanyak 75 siswa yang terdistribusi ke dalam 3 kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X IPA 2 yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 yang terdiri dari 22 siswa sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji-t diperoleh bahwa penerapan model project based learning tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang disebabkan oleh waktu penelitian yang cenderung singkat, namun proporsi siswa yang memiliki kemampuan berpikir reflektif matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti model project based learning dan peningkatan indikator berpikir reflektif matematis siswa lebih tinggi daripada kelas dengan pembelajaran konvensional. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model project based learning memberikan indikasi adanya pengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Kata kunci : berpikir reflektif matematis, pengaruh, project based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: 2301399376 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:48
Terakhir diubah: 26 Jul 2023 01:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73670

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir