Bagus Riyan Diguna, 1013053104 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVB SD NEGERI 07 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (Tidak diterbitkan)
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (296Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (356Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV B SD Negeri 07 Metro Pusat tahun pelajaran 2013/2014, yakni 8 siswa (28,57%) tuntas dan 20 siswa (71,42%) belum tuntas dari KKM 66. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe index card match.. Metode penelitian ini adalah tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklusnya terdiri tiga pertemuan, yang terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observating), dan refleksi (reflecting). Alat pengumpul data berupa lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru serta tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pembelajaran melalui strategi pembelajaran aktif tipe index card match menunjukkan peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Terlihat dari rata-rata aktivitas siswa siklus I yaitu 54,68 kategori cukup aktif dan siklus II 81,91 kategori sangat aktif, terjadi peningkatan sebesar 27,23. Ketuntasan hasil belajar siswa terdiri dari tiga aspek yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Nilai rata-rata afektif siswa siklus I sebesar 68,74 dan Siklus II sebesar 77,85, terjadi peningkatan sebesar 9,11. Kognitif siswa siklus I sebesar 65,92 dan siklus II sebesar 83,91, terjadi peningkatan sebesar 17,99. Rata-rata psikomotor siswa siklus I sebesar 66,51 dan siklus II sebesar 74,51, terjadi peningkatan sebesar 8. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Index Card Match
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 3665692 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Feb 2015 03:56 |
Terakhir diubah: | 26 Feb 2015 03:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7402 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |