PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEAM BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

Anisa, Pramita (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEAM BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (280Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3103Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3269Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM berbantuan e-LKPD terhadap keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi energi terbarukan, serta hubungan antara keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 dengan sampel kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Designs dengan jenis Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data yang digunakan, yaitu lembar angket yang berjumlah 12 pernyataan, observasi yang berjumlah 6 task kinerja, dan soal tes yang berjumlah 10 butir soal. Uji hipotesis menggunakan Uji Independent Sample T-Test dan Uji Korelasi Bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih besar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM berbantuan e-LKPD dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM berbantuan LKPD terhadap keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik. Adapun hasil nilai signifikansi yang didapatkan 0,000 ≤ 0,05 dan 0,017 ≤ 0,05. Hubungan antara keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 dengan pearson correlation 0,592, terdapat hubungan yang positif antara keterampilan kolaborasi dengan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Project-based Learning; STEAM; Kolaborasi; Berpikir Kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301311164 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:59
Terakhir diubah: 03 Aug 2023 03:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74039

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir