STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA

Arisma , Whardani (2023) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1621Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1426Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar dan perbedaan gaya belajar siswa, serta kurangnya penerapan model pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk meneliti ada/tidak perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajaranya menggunakan Problem Based Learning dan Student Teams Achievement Divisions, ada/tidak perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial, ada/tidak pengaruh antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar ekonomi, dan efektifitas antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan Student Teams Achievement Divisions pada siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan gaya belajar visual. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen pendekatan komparatif dengan desain faktorial 2x2, teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan Anava Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajaranya menggunakan Problem Based Learning dibandingkan pembelajaran menggunakan Student Teams Achievement Divisions, tidak terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial, ada interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa, rata-rata hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan Student Teams Achievement Divisions pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, rata-rata hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions lebih rendah dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan tipe Problem Based Learning pada siswa yang memiliki gaya belajar auditorial. Kata Kunci: Gaya Belajar Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, Problem Based Learning (PBL), Student Teams Achiviement Divions (STAD).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2301664060 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:46
Terakhir diubah: 04 Aug 2023 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74104

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir