Dina Prihatini, 1224021003 (2015) STRATEGI PENGEMBANGAN KOMODITAS SAYURAN (DATARAN TINGGI) UNGGULAN DI KAWASAN AGROPOLITAN WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (262Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB.III.pdf Download (226Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB IV.pdf Download (443Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB V.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (454Kb) |
||
|
File PDF
BAB VI.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk untuk merumuskan strategi pengembangan komoditas sayuran dataran tinggi unggulan di kawasan agropolitan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat maka tujuan spesifik dari penelitian ini adalah : (1) menganalisis pendapatan usaha tani beberapa komoditas sayuran dataran tinggi unggulan di kawasan agropolitan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat, (2) menganalisis sistem kelembagaan pemasaran yang mendukung pengembangan komoditas sayuran dataran tinggi unggulan di kawasan agropolitan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat, dan (3) merumuskan strategi pengembangan komoditas sayuran dataran tinggi unggulan di kawasan agropolitan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Analisis dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis pendapatan usaha tani pada tiga jenis komoditas sayuran dataran tinggi unggulan yaitu kubis, tomat dan wortel menunjukkan bahwa ketiga komoditas sayuran dataran tinggi tersebut layak secara ekonomi untuk dikembangkan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil bahwa nilai R/C rasio dari ketiga komoditas tersebut lebih dari satu. Analisis deskriptif kelembagaan pemasaran sayuran dataran tinggi unggulan di kawasan agropolitan Way Tenong Lampung Barat masih menunjukkan bahwa petani ditempatkan pada posisi price taker. Strategi yang diperoleh dari hasil analisis SWOT dan dilanjutkan dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) menghasilkan keputusan bahwa lahan merupakan kriteria utama yang harus diperhatikan untuk tujuan pengembangan komoditas sayuran dataran tinggi di Kawasan Agropolitan Way Tenong. Selanjutnya prioritas pertama dari alternatif strategi yang dipilih adalah penguatan kelembagaan petani dan kelompok tani melalui kerjasama kemitraan dan pelatihan. Kata kunci : Pendapatan usaha tani, R/C rasio, Kelembagaan pemasaran, SWOT, AHP ABSTRACT This study aim to formulate strategy for develop main highland vegetable commodities at Agropolitan Way Tenong of West Lmapung Regency. Specific purpossed on this study were : (1) analyzing farm income some higland vegetables at Way Tenong agropolitan of West Lampung Regency, (2) analyzing the institutional system of marketing that supports the development of highland vegetables. Formulation of development strategy of highland vegetables commodities using the SWOT method. Strategy derived from the SWOT analysis resulted in eight priority development strategy of main higland vegetable commodities featured in Way Tenong agropolitan area.Decision making is done by using analytical hierarchy (AHP) analysis. The result showed that from the analysis of farm income in three types of main highland vegetable commodities i.e cabbage, tommatoes and carrots showed that the value of R/C ratio of three commodities have more than one value. Descriptive analysis of institutional marketing of higland vegetable commodities still showed that farmers are placed in the position of price taker. Strategies derived from the SWOT analysis and continued with AHP analysis produced some strategic priorities. The result of the analysis hierarchy process (AHP) resulted in the decision that land is main criteria to be considered for the purpossed of development of highland vegetable commodities at Way Tenong agropolitan area. The first priority of selected alternative strategy is the institutional strenghtening of farmers and farmers group trough partnership and training. Keywords : Development strategy, farm income, R/C., institutional marketing, SWOT. AHP
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > Pertanian ( Umum ) |
Program Studi: | Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Agribisnis |
Pengguna Deposit: | 3356440 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Feb 2015 03:42 |
Terakhir diubah: | 27 Feb 2015 03:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7429 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |