Nyoman Trijaya, Kusuma (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SEKAMPUNG UDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK NYOMAN.pdf Download (244Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL_NYOMAN TRIJAYA KUSUM_1953024003_-.pdf Restricted to Hanya staf Download (2957Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_NYOMAN TRIJAYA KUSUMA_1953024003.pdf Download (2403Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantu video terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung Udik pada materi pencemaran lingkungan. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 31 peserta di kelas VII B (eksperimen) dan sebanyak 30 peserta didik dari kelas VII C (kontrol). Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan bentuk desain yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dengan soal tes (untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif) dan data kualitatif dengan angket responsibility peserta didik terhadap model Problem Based Learning berbantu video. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai N-gain kelas eksperimen mencapai 0,57 dengan kategori “sedang” dan kelas kontrol mencapai 0,29 dengan kategori “rendah”. Data kuantitatif berupa rerata nilai pretest, posttest, dan N-gain kemampuan berpikir kreatif yang diuji menggunakan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5% didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning berbantu video terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Pada kelas eksperimen indikator kemampuan berpikir kreatif flexibility memperoleh rata-rata N-gain paling unggul mencapai 0,73 dengan kategori “tinggi”. Data kualitatif berupa angket tanggapan peserta didik pada penggunaan model Problem Based Learning berbantu video menunjukan respon yang positif dengan rata-rata nilai 71,2% dengan kategori “baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu video berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung Udik pada materi pencemaran lingkungan. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, pencemaran lingkungan, problem based learning, SMP, video.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2301764947 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 01:37 |
Terakhir diubah: | 15 Aug 2023 01:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74662 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |