PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS CASE METHOD

Dwi Setiyani, Johdi (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS CASE METHOD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (15Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (15Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah siswa pada pembelajaran fisika berbasis case method yang valid, reliabel, dan praktis digunakan. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan 7 langkah pengembangan yang diadaptasi dari Borg & Gall (1989), yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) revisi produk operasional. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli, instrumen penilaian kemampuan pemecahan masalah memperoleh nilai sebesar 85% dalam kategori sangat valid, sementara instrumen penilaian kemampuan komunikasi ilmiah memperoleh nilai sebesar 84,34% dalam kategori sangat valid. Sehingga, instrumen penilaian layak digunakan. Instrumen penilaian ini diuji cobakan pada 28 siswa dan hasil uji coba lapangan tersebut dianalisis menggunakan model Rasch berbantuan software Ministep 4.5.1. Hasil analisis data uji coba diperoleh 18 butir soal instrumen kemampuan pemecahan masalah dan 15 butir soal instrumen penilaian kemampuan komunikasi ilmiah yang dinyatakan valid. Butir soal pada instrumen penilaian kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah siswa dinyatakan reliabel dengan nilai alpha cronbach secara berturut-turut sebesar 0,80 dan 0,88 dengan kategori reliabilitas cukup bagus dan bagus sekali. Uji kepraktisan instrumen penilaian ini memperoleh rata-rata skor sebesar 94,03 dan 93,83 dengan kriteria sangat praktis. Produk akhir instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah pada pembelajaran fisika yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen, yaitu valid, reliabel, dan praktis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301996176 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:28
Terakhir diubah: 16 Aug 2023 02:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74777

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir