PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN EDPUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FIBER OPTIC KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 WAY TENONG

EVITA, HERLINA (2023) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN EDPUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FIBER OPTIC KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 WAY TENONG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1988Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1778Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan video pembelajaran interaktif berbantuan edpuzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi fiber optic kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, desain penelitian metode quasi eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK kelas XI TKJ yang terdiri dari 70 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu pretest dan posttest yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dan skala tanggapan peserta didik terhadap video pembelajaran interaktif berbantuan edpuzzle. Hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis menunjukkan bahwa data N-Gain kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,63 yang tergolong dalam kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,28 yang tergolong kategori rendah. Hasil uji Independent sample t test menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji effect size hasil belajar kognitif sebesar 1,258 yang tergolong kategori besar. Berdasarkan tanggapan peserta didik terhadap video pembelajaran berbantuan edpuzzle diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 75,53 % yang tergolong kategori tinggi atau baik. Artinya video pembelajaran interaktif edpuzzle menarik dan layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2301380626 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:00
Terakhir diubah: 16 Aug 2023 04:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74820

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir