PENGARUH e-MODUL BERBANTUAN ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN NIRKABEL KELAS XI TKJ SMK AL-HIKMAH KALIREJO

DIAN, INDAH PRATIWI (2023) PENGARUH e-MODUL BERBANTUAN ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN NIRKABEL KELAS XI TKJ SMK AL-HIKMAH KALIREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2460Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1904Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh penggunaan e-Modul berbantuan android terhadap hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik siswa pada materi jaringan nirkabel serta mendeskripsikan respon peserta didik terkait penggunaan e-Modul tersebut. e-Modul yang digunakan terintegrasi dengan model Problem based learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen jenis Nonequivalent Control Group Design dengan sampel berjumlah 60 siswa di kelas XI TKJ SMK Al-Hikmah Kalirejo. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda, lembar penilaian unjuk kerja (Performance) serta skala tanggapan peserta didik terhadap penggunaan e-Modul. Hasil Penelitian berdasarkan Uji Independent Sample T-Test pada kedua hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa e-Modul berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik. Berdasarkan Uji Analysis of Covariance (ANCOVA) pada hasil belajar kognitif memperoleh nilai Partial Eta Squared sebesar 0,441 yang berarti bahwa e-Modul berpengaruh baik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hasil skala tanggapan peserta didik di kelas eksperimen ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan respon antara siswa laki-laki dan perempuan terhadap penggunaan e-Modul pada saat praktek melalui Cisco Packet Tracer akan tetapi pada saat praktek secara langsung respon siswa laki-laki lebih baik dari pada perempuan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2301842400 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:00
Terakhir diubah: 16 Aug 2023 04:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74821

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir