PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF BERBASIS MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA MATERI FUNGSI DAN UNSUR WARNA CMYK DAN RGB UNTUK SISWA SMK TKJ

EKA, FEBRIYANA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF BERBASIS MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA MATERI FUNGSI DAN UNSUR WARNA CMYK DAN RGB UNTUK SISWA SMK TKJ. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2423Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1261Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran edukatif berbasis media sosial TikTok pada materi fungsi dan unsur warna CMYK dan RGB yang mendeskripsikan kelayakan media untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 2 Mei Bandar Lampung kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket ahli media, angket ahli materi, angket respon guru, dan angket respon siswa. Analisis ahli media dan ahli materi menggunakan analisis skor, sedangkan respon guru dan respon siswa menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis media sosial TikTok dinyatakan layak dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Media pembelajaran yang telah dibuat dinyatakan valid dengan skor yang diperoleh dari ahli media sebesar 3,42 dan ahli materi sebesar 3,43. Hasil uji kepraktisan sebesar 94% yang dinyatakan sangat praktis, dan hasil uji keefektifan sebesar 75% yang dinyatakan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis media sosial TikTok sudah valid, praktis, dan efektif. Sehingga, media pembelajaran edukatif yang telah dikembangkan mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2301973655 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:26
Terakhir diubah: 16 Aug 2023 08:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74882

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir