ANISA, TRIA (2023) KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN LKPD BERBASIS AKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ExPRession UNTUK MELATIHKAN HANDS-ON ACTIVITY PADA MATERI HUKUM NEWTON. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (37Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis aktivitas model pembelajaran ExPRession untuk melatihkan hands-on activity peserta didik pada materi hukum Newton. Sampel yang digunakan, yaitu peserta didik kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 SMAN 1 Gadingrejo Tahun Ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan, yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi penilaian aktivitas peserta didik, dan lembar tes soal pilihan ganda. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran ExPRession mencapai 87,30% dalam kategori terlaksana sangat baik, sedangkan nilai aktivitas Hands-on Activity peserta didik di setiap indikator mencapai nilai 78,35% dalam kategori baik. Pembelajaran dengan menerapkan LKPD berbasis model pembelajaran ExPRession pada pembelajaran fisika dikatakan efektif dalam mengukur kemampuan Hands-on Activity peserta didik hal ini terlihat dari nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan Hands-on Activity pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini didukung dengan hasil uji hipotesis diperoleh untuk kemampuan Hands-on Activity nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000, maka dapat diambil keputusan bahwa terdapat perbedaan kemampuan antara kelas yang menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran ExPRession dengan kelas konvensional pada materi hukum Newton. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis aktivitas model pembelajaran ExPRession efektif dalam melatihkan kemampuan Hands-on Activity peserta didik. Kata kunci: LKPD, ExPRession, dan Kemampuan Hands-on Activity.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2301434000 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 06:49 |
Terakhir diubah: | 22 Aug 2023 06:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75121 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |