KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN LKPD BERBASIS AKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ExPRession UNTUK MELATIHKAN HANDS-ON ACTIVITY PADA MATERI HUKUM NEWTON

ANISA, TRIA (2023) KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN LKPD BERBASIS AKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ExPRession UNTUK MELATIHKAN HANDS-ON ACTIVITY PADA MATERI HUKUM NEWTON. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (37Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis aktivitas model pembelajaran ExPRession untuk melatihkan hands-on activity peserta didik pada materi hukum Newton. Sampel yang digunakan, yaitu peserta didik kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 SMAN 1 Gadingrejo Tahun Ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan, yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi penilaian aktivitas peserta didik, dan lembar tes soal pilihan ganda. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran ExPRession mencapai 87,30% dalam kategori terlaksana sangat baik, sedangkan nilai aktivitas Hands-on Activity peserta didik di setiap indikator mencapai nilai 78,35% dalam kategori baik. Pembelajaran dengan menerapkan LKPD berbasis model pembelajaran ExPRession pada pembelajaran fisika dikatakan efektif dalam mengukur kemampuan Hands-on Activity peserta didik hal ini terlihat dari nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan Hands-on Activity pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini didukung dengan hasil uji hipotesis diperoleh untuk kemampuan Hands-on Activity nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000, maka dapat diambil keputusan bahwa terdapat perbedaan kemampuan antara kelas yang menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran ExPRession dengan kelas konvensional pada materi hukum Newton. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis aktivitas model pembelajaran ExPRession efektif dalam melatihkan kemampuan Hands-on Activity peserta didik. Kata kunci: LKPD, ExPRession, dan Kemampuan Hands-on Activity.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301434000 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:49
Terakhir diubah: 22 Aug 2023 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75121

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir