EFEKTIVITAS MODEL PROJECT-BASED LEARNING PEMANFAATAN LIMBAH KULIT DURIAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

GHINA , SALSABILA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT-BASED LEARNING PEMANFAATAN LIMBAH KULIT DURIAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2492Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1605Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan project-based learning pemanfaatan limbah kulit durian untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan weak experimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA 1 Natar semester genap tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 286 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretes dan postes siswa. Nilai rata-rata postes keterampilan berpikir kritis siswa dikelas XI MIA 1 lebih besar dibandingkan nilai rata-rata pretes, sedangkan n-gain rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh kelas XI MIA 1 sebesar 0,81 berkategori sedang dan tinggi. Rata-rata persentase angket respon siswa yang diperoleh kelas XI MIA 1 sebesar 80% (kategori baik). Rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran PjBL yang diperoleh kelas XI MIA 1 sebesar 76% (kriteria tinggi). Produk yang dihasilkan pada PjBL yaitu briket, pestisida, dan batu baterai dengan nilai berkategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek pengolahan limbah kulit durian dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Keterampilan berpikir kritis, kulit durian, project-based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301799007 . Digilib
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:10
Terakhir diubah: 19 Sep 2023 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75699

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir