GHINA , SALSABILA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT-BASED LEARNING PEMANFAATAN LIMBAH KULIT DURIAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2492Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1605Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan project-based learning pemanfaatan limbah kulit durian untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan weak experimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA 1 Natar semester genap tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 286 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretes dan postes siswa. Nilai rata-rata postes keterampilan berpikir kritis siswa dikelas XI MIA 1 lebih besar dibandingkan nilai rata-rata pretes, sedangkan n-gain rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh kelas XI MIA 1 sebesar 0,81 berkategori sedang dan tinggi. Rata-rata persentase angket respon siswa yang diperoleh kelas XI MIA 1 sebesar 80% (kategori baik). Rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran PjBL yang diperoleh kelas XI MIA 1 sebesar 76% (kriteria tinggi). Produk yang dihasilkan pada PjBL yaitu briket, pestisida, dan batu baterai dengan nilai berkategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek pengolahan limbah kulit durian dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Keterampilan berpikir kritis, kulit durian, project-based learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2301799007 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 07:10 |
Terakhir diubah: | 19 Sep 2023 07:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75699 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |