PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

ALIFIANI , NURHIDAYAH (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2638Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1244Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis proyek pemanfaatan limbah industri tepung tapioka berorientasi pada keterampilan berpikir kritis siswa, mendeskripsikan karakteristik, validitas dan tanggapan guru terhadap E-LKPD yang dikembangkan. Desain penelitian digunakan adalah penelitian pengembangan menurut Thiagarajan sampai pada tahap ketiga dari total empat tahap, yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap pengembangan, angket validasi ahli dan angket tanggapan guru dan peserta didik. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas XII dari tiga sekolah berbeda, guru dari tiga sekolah berbeda, dan tiga validator ahli. Data diperoleh dari validator, guru, dan peserta didik yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Karakteristik E-LKPD yang dikembangkan mengikuti tahapan-tahapan pembelajaran berbasis proyek. Kompetensi dasar yang diacu pada E-LKPD yang dikembangkan adalah KD 3.12 atau kompetensi dasar modifikasi. Indikator pencapaian kompetensi berorientasi pada indikator berpikir kritis. E-LKPD ini dikembangkan agar pembelajaran berbasis proyek yang lebih banyak dilakukan di luar kelas tetap dapat dikontrol perkembangannya dan lebih mudah dalam memandu peserta didik untuk melaksanakannya. Hasil validasi dan tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, aspek kesesuaian konstruksi, aspek kemenarikan dan kemudahan penggunaan memiliki kategori sangat tinggi. Dengan demikian, E-LKPD berbasis proyek pemanfaatan limbah industri tepung tapioka berorientasi pada keterampilan berpikir kritis siswa yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : E-LKPD, pembelajaran berbasis proyek, berpikir kritis, limbah industri tepung tapioka

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301019287 . Digilib
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:56
Terakhir diubah: 22 Sep 2023 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75785

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir