EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Dewi, Oktaviana (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1061Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (907Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan mengkaji efektivitas model Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Pesawaran semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi ke dalam 5 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan pengumpulan data penilaian menggunakan tes berbentuk soal uraian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasiq1matematis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran dengan model problem based learning lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Selain itu proporsi siswa dengan pembelajaran yang menggunakan model problem based learning memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal terkategori sedang lebih dari 60%. Dengan demikian, model pembelajaran problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Komunikasi Matematis, Efektivitas

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308822130 . Digilib
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:32
Terakhir diubah: 25 Sep 2023 02:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75815

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir