Pengaruh Media Pembelajaran Infografis Berbasis Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP Kelas VII pada Materi Perubahan Iklim

Mery, Widya Kusuma Wardani (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Infografis Berbasis Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP Kelas VII pada Materi Perubahan Iklim. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1839Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1713Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran infografis berbasis pendekatan SETS terhadap kemampuan literasi sains peserta didik serta tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran infografis di SMP Roudotul Falakh kelas VII pada materi perubahan iklim. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMP Roudotul Falakh kelas VII yaitu kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan VII 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain Quasi eksperimen, data penelitian didapatkan dengan memberikan pretest dan posttest untuk melihat peningkatan kemampuan literasi sains setelah proses pembelajaran dikelas eksperimen dan kelas kontrol, penggunaan angket dikelas eksperimen digunakan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap media infografis. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan media infografis berbasis pendekatan SETS terhadap kemampuan literasi sains peserta didik dengan nilai signifikasi uji Independent sample t-test 0,000 atau kurang dari 0,05. Peningkatan kemampuan literasi sains dikelas eksperimen diuji menggunakan uji Normalized-gain dengan hasil 0,57 dengan kategori sedang. Hasil angket peserta didik terhadap media infografis berbasis pendekatan SETS menunjukkan rata rata persentase sebesar 73,1%, sehingga pembelajaran menggunakan media infografis dapat diterima dengan baik oleh peserta didik dikelas ekesperimen.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308867050 . Digilib
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:23
Terakhir diubah: 04 Oct 2023 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76067

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir