Tamiran, RIZAL MUSTADRI (2011) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 02 METRO SELATAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (195Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (441Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (24Kb) | Preview |
|
Archive
Lain-lain.zip - Published Version Download (366Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Metro Selatan, diperoleh data tentang partisipasi siswa dalam proses pembelajaran kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika melalui pendekatan CTL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 37 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam kelas ini berupa lembar obervasi, kuesioner, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika melalui pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I (66,76%), siklus II (77,97%), dan siklus III (85,13%), serta persentase ketuntasan belajar yang meningkat pada siklus 1 (55,14%), siklus II menjadi (68,65%), dan (85,68%) pada akhir siklus III. Kata Kunci : Pendekatan CTL, aktivitas, dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 02:55 |
Terakhir diubah: | 28 Jan 2014 02:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/762 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |