Meita , Puteri Handayani (2023) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI DIFRAKSI CAHAYA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2103Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1473Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan efektif untuk menstimulasi keterampilan proses sains pada materi difraksi cahaya. Jenis penelitian ini adalah Design and Development Research (DDR) yang diadaptasi dari Richey & Klien (2007) dengan menggunakan uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan dan uji persepsi guru, serta uji keefektifan terdiri dari, N-Gain, Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test. Pada hasil uji validitas didapatkan rata-rata nilai dari ketiga validator sebesar 3,54, dengan rata-rata validasi materi dan desain diperoleh hasil sebesar 3,65 dengan kategori sangat valid dan validasi materi dan konstruk sebesar 3,43 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh hasil rata-rata uji respon peserta didik sebesar 86% dan hasil rata-rata uji persepsi guru sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk uji keefektifan dapat dilihat pada hasil uji efektifitas, telah dihasilkan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk menstimulasi keterampilan proses sains yang valid, praktis dan efektif yang dilihat berdasarkan peningkatan keterampilan proses sains yang signifikan dilihat dari beda rata-rata kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang signifikan dan hasil uji N-Gain dengan perolehan skor sebesar 0,71 dengan kategori tinggi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2308098744 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 04:49 |
Terakhir diubah: | 09 Oct 2023 04:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76213 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |