PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI DIFRAKSI CAHAYA

Meita , Puteri Handayani (2023) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI DIFRAKSI CAHAYA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2103Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1473Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan efektif untuk menstimulasi keterampilan proses sains pada materi difraksi cahaya. Jenis penelitian ini adalah Design and Development Research (DDR) yang diadaptasi dari Richey & Klien (2007) dengan menggunakan uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan dan uji persepsi guru, serta uji keefektifan terdiri dari, N-Gain, Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test. Pada hasil uji validitas didapatkan rata-rata nilai dari ketiga validator sebesar 3,54, dengan rata-rata validasi materi dan desain diperoleh hasil sebesar 3,65 dengan kategori sangat valid dan validasi materi dan konstruk sebesar 3,43 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh hasil rata-rata uji respon peserta didik sebesar 86% dan hasil rata-rata uji persepsi guru sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk uji keefektifan dapat dilihat pada hasil uji efektifitas, telah dihasilkan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk menstimulasi keterampilan proses sains yang valid, praktis dan efektif yang dilihat berdasarkan peningkatan keterampilan proses sains yang signifikan dilihat dari beda rata-rata kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang signifikan dan hasil uji N-Gain dengan perolehan skor sebesar 0,71 dengan kategori tinggi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308098744 . Digilib
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:49
Terakhir diubah: 09 Oct 2023 04:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76213

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir