PENGARUH VARIASI KECEPATAN RATA-RATA KONSTAN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR BENSIN 4 – LANGKAH

Jack Kristoper, 0715021064 (2015) PENGARUH VARIASI KECEPATAN RATA-RATA KONSTAN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR BENSIN 4 – LANGKAH. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (298Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (38Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Pertumbuhan sepeda motor di Indonesia mencapai 1 juta unit per tahun, jumlah populasi kendaraan bermotor akan berbanding lurus. Estimasinya, pertumbuhan terjadi sekitar 10 persen setiap tahunnya. Pertumbuhan sepeda motor di Indonesia akan menyebabkan peningkatan stok cadangan BBM yang bertambah tiap tahunnya. Untuk itu perlu melakukan usaha penghematan bahan bakar diantaranya melakukan perilaku berkendara yang baik. Perilaku berkendara dihubungkan dengan perilaku pengemudi sehingga menyebabkan terjadinya percepatan, pengereman atau perlambatan, idling, gigi pada posisi tertentu, speeding, dan pada saat menghidupkan dan mematikan kendaraan. Perilaku dengan percepatan yang tidak konstan dan pengereman mendadak dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang tidak stabil atau terjadinya pemborosan. Oleh karena itu, penulis mengamati pengaruh variasi kecepatan rata-rata terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor bensin 4 langkah dengan melalui serangkaian pengujian dengan beberapa variasi yaitu pengujian berjalan dengan variasi kecepatan rata-rata 30, 50 dan 70 km/jam, pengujian stasioner dengan variasi kecepatan putaran mesin 1500 rpm, 2500 rpm dan 4000 rpm, pengujian berjalan dengan variasi kecepatan dan perlakuan 200 m berhenti pada jarak 1 km. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar paling irit pada pengujian dengan jarak tempuh 2,5 km terjadi pada kecepatan 50 km/jam yaitu sebanyak 32 ml (16 %) disusul dengan kecepatan 30 km/jam sebanyak 49 ml (24,5%). Sedangkan pada jarak 5 km di kecepatan 70 km/jam yaitu sebanyak 79 ml (39,5%) dan disusul dengan kecepatan 30 km/jam sebanyak 82,3 ml (41,15%). Konsumsi rata-rata bahan bakar pada kecepatan putaran mesin 1500, 2500 dan 4000 rpm adalah 18,66 ml (9,33%), 23 ml (11,5%) dan 36 ml (18%). Kata kunci: Perilaku berkendara, smart driving, Penghematan BBM Abstract The growth of motorcycles demand in Indonesia has reached 1 million units per year. The estimated growth is about 10 percent per year. This means that the growth of motorcycles in Indonesia will require the increase in fuel stockpiles every year. Therefore, it is necessary to save fuel, for example by applying smart driving behaviors. Driving behaviors include accelerating, braking or decelerating, idling, adjusting gears, speeding, and turning on or off the vehicle. Inconstant acceleration and sudden braking can cause unstable fuel consumption or waste of fuel. Therefore, the authors observed the effect of the constant average speed variation on fuel consumption of a 4-stroke motorcycle through a series of tests with several variations including road test with the variations of the average speed of 30 km/h, 50 k/h and 70 km/h, stationery test with variation of the engine rotation of 1500 rpm, 2500 rpm and 4000 rpm, and the road test with variation of speed and test of as far as 1 km with 5 time stop (stop every 200 m) The results showed that the lowest fuel consumption on a test with a distance of 2.5 km occurred at a speed of 50 km/h as big as 32 ml (16 %) followed by 30 km/h of speed that consumed 49 ml (24.5%) fuel and on a test with a distance of 5 km at a speed of 70 km/h as much as 79 ml (39.5 %) followed by 30 km/h of speed that consumed 82,3 ml (41.15 %) fuel.The average fuel consumption at the engine rotation speed of 1500 rpm, 2500 rpm and 4000 rpm were 18.66 ml (9.33 %), 23 ml (11.5 %), and 36 ml (18 %). Keywords: Driving behavior, Smart driving, Fuel saving.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Teknologi > Teknik mesin dan mesin
Teknologi > Teknik mesin dan mesin
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Depositing User: 3880310 . Digilib
Date Deposited: 05 Mar 2015 08:16
Last Modified: 05 Mar 2015 08:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7635

Actions (login required)

View Item View Item