ARIPATI , SULIKA (2023) PENGARUH INQUIRY-CONSERRVATION BASED LEARNING INTEGRATED TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN EKOLITERASI PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_SKRIPSI_ARIPATI.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
File PDF
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Hanya staf Download (1240Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (970Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inquiry-conservation based learning integrated model terhadap keterampilan berpikir kritis dan ekoliterasi peserta didik di SMA Negeri 1 Liwa tahun 2022/2023 pada materi pokok perubahan lingkungan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Liwa. Sampel penelitian adalah peserta didik di kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel ialah simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain quasi eksperimen untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran yang digunakan terhadap keterampilan berpikir kritis dan ekoliterasi peserta didik. Pengambilan data diperoleh melalui pretest-posttest dan angket ekoliterasi. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa keterampilan berpikir krtitis peserta didik dan kemampuan ekoliterasi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan inquiryconservation based learning integrated model dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan ekoliterasi peserta didik. Dengan hasil uji hipotesis Sig. (2-tailed) 0.000<0.05 untuk keterampilan berpikir kritis dan Sig. (2-tailed) 0.003 < 0.05 untuk ekoliterasi. Indikator keterampilan berpikir kritis yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah klarifikasi lanjutan dengan nilai N-Gain 0.97 . sedangkan pada ekoliterasi indikator yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah ekoliterasi pertisipasi dengan nilai N-Gain 0.4. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan ekoliterasi diuji menggunakan uji effect size dengan perolehan koefisien d cohen’s 1.145 untuk keterampilan berpikir kritis dan 1.165 untuk ekoliterasi yang termasuk dalam kategori besar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2308823840 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 08:57 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2023 08:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76713 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |