PENGARUH INQUIRY-CONSERRVATION BASED LEARNING INTEGRATED TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN EKOLITERASI PESERTA DIDIK

ARIPATI , SULIKA (2023) PENGARUH INQUIRY-CONSERRVATION BASED LEARNING INTEGRATED TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN EKOLITERASI PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_SKRIPSI_ARIPATI.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1240Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (970Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inquiry-conservation based learning integrated model terhadap keterampilan berpikir kritis dan ekoliterasi peserta didik di SMA Negeri 1 Liwa tahun 2022/2023 pada materi pokok perubahan lingkungan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Liwa. Sampel penelitian adalah peserta didik di kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel ialah simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain quasi eksperimen untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran yang digunakan terhadap keterampilan berpikir kritis dan ekoliterasi peserta didik. Pengambilan data diperoleh melalui pretest-posttest dan angket ekoliterasi. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa keterampilan berpikir krtitis peserta didik dan kemampuan ekoliterasi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan inquiryconservation based learning integrated model dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan ekoliterasi peserta didik. Dengan hasil uji hipotesis Sig. (2-tailed) 0.000<0.05 untuk keterampilan berpikir kritis dan Sig. (2-tailed) 0.003 < 0.05 untuk ekoliterasi. Indikator keterampilan berpikir kritis yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah klarifikasi lanjutan dengan nilai N-Gain 0.97 . sedangkan pada ekoliterasi indikator yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah ekoliterasi pertisipasi dengan nilai N-Gain 0.4. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan ekoliterasi diuji menggunakan uji effect size dengan perolehan koefisien d cohen’s 1.145 untuk keterampilan berpikir kritis dan 1.165 untuk ekoliterasi yang termasuk dalam kategori besar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308823840 . Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:57
Terakhir diubah: 20 Oct 2023 08:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76713

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir