FITRIYA LUKITA, PERMATA SARI (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD LIVEWORKSHEETS BERORIENTASI MENINGKATKAN STRATEGI METAKOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMAN 2 GEDONG TATAAN). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK_1813024022_FITRIYA LUKITA P.S.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL_1813024022_FITRIYA LUKITA P.S.pdf Restricted to Hanya staf Download (1841Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN_1813024022_FITRIYA LUKITA P.S.pdf Download (1843Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan strategi metakognitif dan kemandirian belajar peserta didik dalam penerapan pembelajaran blended learning berbantuan E-LKPD Liveworksheets kelas X di SMAN 2 Gedong Tataan pada semester genap materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Gedong Tataan dengan metode quasy experiment yang menggunakan desain Pretest-Postest Equivalen Control Groups Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 berjumlah 64 peserta didik dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis secara statistik melalui uji Independent Sampel T-test dengan taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran blended learning berbantuan E-LKPD Liveworksheets berpengaruh signifikan dalam meningkatkan strategi metakognitif peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan juga meningkatkan kemandirian peserta didik dengan nilai signifikansi 0,006 (p < 0,05). Indikator strategi metakognitif tertinggi pengetahuan prosedural (procedural knowledge) kriteria sangat baik (75,78%) terendah strategi perbaikan (debugging strategies) kriteria baik (71,09%). Indikator kemandirian belajar tertinggi pemecahan masalah kriteria sangat baik (82,81%) terendah indikator kontrol diri kriteria baik (63,59%). Kata kunci : Blended Learning, E-LKPD, Liveworksheets, Strategi Metakognitif, Kemandirian Belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2308619541 . Digilib |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 08:13 |
Terakhir diubah: | 07 Nov 2023 08:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76833 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |