, RUQAIYAH (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VA SD NEGERI 2 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar Isi.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (113Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (306Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran.pdf - Published Version Download (756Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (293Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran yang dilakukan guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil diskusi dengan teman sejawat dan observasi di kelas V SD Negeri 2 Metro Pusat pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa ini mengindikasikan pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan tahapan tiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Selama penelitian berlangsung dari siklus ke siklus telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dan pada setiap akhir siklus dilakukan tes berupa ulangan diperoleh hasil rata-rata nilai tes meningkat. Dari hasil penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diiringi dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah, aktivitas dan hasil belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Psikologi (General) > > Psikologi (General) > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 04 Feb 2014 08:01 |
Terakhir diubah: | 04 Feb 2014 08:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/771 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |