PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VA SD NEGERI 2 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, RUQAIYAH (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VA SD NEGERI 2 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar Isi.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (113Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (756Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (293Kb)

Abstrak

Pembelajaran yang dilakukan guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil diskusi dengan teman sejawat dan observasi di kelas V SD Negeri 2 Metro Pusat pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa ini mengindikasikan pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan tahapan tiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Selama penelitian berlangsung dari siklus ke siklus telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dan pada setiap akhir siklus dilakukan tes berupa ulangan diperoleh hasil rata-rata nilai tes meningkat. Dari hasil penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diiringi dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah, aktivitas dan hasil belajar siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > Psikologi (General)
Hukum Pidana > Agama > Psikologi (General)

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 04 Feb 2014 08:01
Last Modified: 04 Feb 2014 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item View Item