Fauziyah, 1223031012 (2014) PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL INKUIRI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (262Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (248Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (278Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (278Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (205Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (592Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (500Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1386Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreatifitas dan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan model Inkuiri Sosial yang diterapkan dalam proses pembelajaran IPS yang menekankan pada proses mencari dan menemukan sendiri jawaban atas suatu masalah yang dipertanyakan sebagai upaya memahami materi pelajaran serta meningkatkan kreativitas dan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase, kemudian dilakukan pemaknaan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : (1) kreatifitas siswa, yaitu sebesar 63% pada siklus I, 77% pada siklus II, dan 80% pada siklus III, kreatifitas belajar siswa, indikator tercapai pada siklus kedua begitupun pada siklus tiga hasilnya semakin baik. (2) berfikir kritis 65% pada siklus I, 76% pada siklus II, dan 80% pada siklus III, cara berfikir kritis peserta didik pada siklus kedua indikatornya juga sudah tercapai selanjutnya siklus tiga semakin meningkat. Implikasi, berdasarkan hasil temuan adalah penggunaan model inkuiri sosial dapat meningkatkan kreatifitas dan peningkatan berpikir kritis siswa. Kata kunci : Berpikir Kritis, Kreativitas, Model Pembelajaran Inkuiri Sosial. This research aims to improve creativity and students’ critical thinking in social studies learning through inquiry social learning model. Method of this research is Classroom Action Research (CAR) which is consists of three cycles, every cycle includes planning, implementation, observation and reflection. Through social inquiry model which is focused on searching and finding own answers towards problems in understanding lesson and improving creativity and critical thinking. Data collecting technique used questionnaires and observation. Data was analyzed descriptive by percentage techniques, and then was done qualitative. Result of research shown there are improvement at: 1) students’ creativity is about 63% at cycle 1, at cycle II is 77%, and 80 % at cycle III, students’ study creativity Indicator has been achieved at second cycle at third cycle the result is better. (2) critical thinking is 65% at cycle I, 76% at cycle II, and 80% at cycle III, students critical thinking at second cycle, the indicators has been reached and at third cycle better. According to the result is using of social inquiry model can improve creativity and students’ critical thinking. Key words : critical thinking, creativity, social inquiry learning model.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | 6207991 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Mar 2015 08:33 |
Terakhir diubah: | 30 Mar 2015 08:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7778 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |