EFEKTIVITAS MODEL POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRT LEARNING) BERBANTUAN MEDIA PRAKTIKUM BERBASIS APLIKASI SMARTPHONE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

CINDY, MAY (2023) EFEKTIVITAS MODEL POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRT LEARNING) BERBANTUAN MEDIA PRAKTIKUM BERBASIS APLIKASI SMARTPHONE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2015Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1290Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbantuan media praktikum berbasis aplikasi smartphone terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi. Sampel yang digunakan yaitu, siswa kelas XI MIPA 2 (eksperimen) dan XI MIPA 4 (kontrol) SMA Negeri 14 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar soal tes uraian. Indikator keefektifan model POGIL berbantuan media praktikum berbasis aplikasi smartphone ditinjau dari interpretasi nilai Cohen’s d. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen yakni 0,71 lebih besar dari kelas kontrol dengan rata-rata nilai N-Gain yakni 0,58. Hasil uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kedua kelas sampel akibat penerapan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis. Besarnya efektivitas penerapan model pembelajaran POGIL berbantuan media praktikum berbasis aplikasi smartphone ditunjukkan dari nilai Cohen’s d yakni 1,85 dengan kategori tinggi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308643579 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2023 00:54
Terakhir diubah: 22 Dec 2023 00:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77798

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir