PENGARUH STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK SMPN 3 NATAR

TASYANIA, MIRANDA (2023) PENGARUH STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK SMPN 3 NATAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2105Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1677Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VIII SMPN 3 Natar pada materi pokok sistem pernapasan manusia menggunakan strategi flipped classroom. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest non-equivalen. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII D dan VIII E yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang, diambil dengan teknik simple-random sampling. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui pretest-postest, yang hasilnya dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Test. Data keterampilan kolaborasi dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan dianalisis menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai sebelum dan setelah penerapan strategi flipped classroom di kelas eksperimen terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, pada taraf signifikasi 0,05 dengan nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 dan rerata N-gain sebesar 0,49 dengan kriteria sedang. Berdasarkan perolehan hasil lembar observasi keterampilan kolaborasi peserta didik di kelas eksperimen mendapatkan kriteria sangat baik dengan nilai 85,7 pada taraf signifikasi 0,05 dengan nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan flipped classroom terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308260311 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:09
Terakhir diubah: 22 Dec 2023 01:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77860

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir